5 Topik Obrolan Orang Tua ACP Di Tempat Terapi

5 Topik Obrolan Orang Tua ACP Di Tempat Terapi

Terapi. Bagi ACP (Anak Cerebral Palsy) adalah sebuah kata yang seolah menjadi jalan hidup yang mau tak mau harus ditempuh. Berbagai macam terapi dijalani sesuai dengan kebutuhan ACP. Fisioterapi, terapi wicara, sensori integrasi dan lainnya adalah sebagian jenis terapi yang umum dilakukan. Tempat terapi atau klinik tumbuh kembang memang lebih banyak tersedia di berbagai rumah sakit. Walau tak sedikit ada klinik tumbuh kembang yang berdiri sendiri atau bergabung dengan poliklinik layanan kesehatan lainnya. Di tempat seperti inilah biasanya para orang tua ACP saling bertemu dan berbincang selama menunggu ACP melakukan terapi. Berbagai macam topik pembicaraan yang diperbincangkan.

  1. Diagnosa penyakit.
  2. Bagi orang tua ACP yang baru pertama kali bertemu tentu saja akan saling menanyakan diagnosa penyakit yang dialami oleh anak-anaknya. Perbincangan akan semakin menarik manakala diagnose penyakit yang dialami ternyata sama. Mencari informasi tentang suatu penyakit (bahkan segala hal) kini lebih banyak dilakukan melalui internet. Penyebab, gejala-gejala, pengobatan dan apapun yang ingin diketahui tentang suatu penyakit bisa didapatkan hanya dengan satu “klik” saja. Namun ketika mendapat informasi dari orang yang mengalami secara langsung maka rasanya lebih bermakna.

  3. Pengobatan alternatif.
  4. Cerebral palsy tidak bisa disebut seperti penyakit kebanyakan. Misalnya seorang anak yang mengalami diare akan diberi obat hingga sembuh dengan ditandai berhenti buang-buang air besar. Lain halnya dengan Cerebral Palsy, bisa dibilang tak ada satu obat yang bisa menyembuhkan secara tuntas. Menyembuhkan Cerebral Palsy adalah gabungan usaha terus menerus baik obat, suplemen dan terapi untuk mencapai tumbuh-kembang normal. Dalam usaha penyembuhan inilah setiap orang tua ACP akan menjalani berbagai macam cara sesuai keyakinanya. Tidak tertutup kemungkinan pengobatan dengan cara non-medis atau yang lebih dikenal dengan pengobatan alternatif. Topik obrolan tentang pengobatan alternatif seringkali menarik perhatian. Terstimoni dari orang tua yang merasa perkembangan anaknya jauh lebih baik setelah melakukan suatu pengobatan alternatif akan membuat orang tua lainnya penasaran.

  5. Sekolah akademik ACP
  6. Banyak diantara ACP yang bersekolah baik di sekolah inklusi atau sekolah khusus (difabel). Kondisi ACP yang berbeda dengan kebanyakan anak lainnya tak lantas menghilangkan keinginan orang tua ACP untuk menyekolahkan anaknya. Saat mengetahui ada ACP lain yang bersekolah akan memancing keingin-tahuan tentang banyak hal. Bagaimana cara daftar, biaya pendidikan, guru pendamping dan segala hal yang berkaitan dengan sekolah akan menjadi bahan obrolan seru.

  7. Pola Makan
  8. Pola makan menjadi persoalan tersendiri yang harus dihadapi orang tua ACP dalam merawat anaknya. Kemampuan ACP dalam hal makan juga berbeda-beda. Ada ACP yang bisa mengunyah dan menelan makanan seperti anak normal lainnya namun ada juga yang masih harus mengandalkan selang NGT untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ACP. Hal ini menjadi menarik tentu saja karena makan adalah kebutuhan utama semua orang. Orang tua ACP seringkali khawatir kondisi anaknya lebih buruk jika pola makannya tidak baik.

  9. Dokter Konsultan
  10. Terapi yang dilakukan bersama terapis secara rutin harus dievaluasi dalam rentang waktu tertentu. Evaluasi ini biasa dilakukan oleh dokter tumbuh kembang. Sebaiknya memang dokter konsultan bagi seorang ACP tidak berganti-ganti. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui riwayat tumbuh kembang seorang ACP dari awal hingga akhir. Namun seringkali karena berbagai kondisi, dokter konsultan bagi seorang ACP harus berganti. Pindah tempat tinggal atau malah dokternya sendiri yang berpindah tempat praktek menjadi alasan untuk berganti dokter. Nah dalam memilih seorang dokter konsultan orang tua ACP akan banyak bertanya kepada orang tua ACP lainnya untuk mendapatkan dokter terbaik bagi anaknya.

  11. Harga Cabai Saat Ini
  12. Topik ini menjadi obrolan seru dalam sesi terapi pekan kemarin he he he. (Mohon diabaikan saja)

Itulah sebagian topik obrolan para orang tua ACP ketika menunggu anaknya terapi di tempat terapi. Mungkin salahsatunya adalah topik yang menarik perhatian orang tua ACP disini.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *