AFO Penggunaan Dan Perawatan

AFO Penggunaan Dan Perawatan

AFOguna

AFO atau Ankle Foot Orthosis adalah alat penyangga tubuh meliputi bagian bawah lutut, pergelangan kaki dan kaki.

  1. Penggunaan AFO
    • Waktu Penggunaan AFO.
      Pada waktu pertama kali penggunaan di rumah perhatikan kondisi kaki anak setelah 1 jam penggunaan AFO. Jika terdapat tanda kemerahan klinis tunggu selama 20 – 30 menit. Jika tanda kemerahan hilang maka pemakaian AFO bisa dilanjutkan secara bertahap. Apabila lebih dari 20-30 menit tanda kemerahan belum hilang atau terdapat memar, luka gesek dan hal tidak wajar lainnya maka hentikan penggunaan AFO. Segera laporkan kepada klinisi PO (Prostetik Ortotik) yang berwenang.
      Apabila kondisi kaki baik maka AFO dapat digunakan kembali dengan interval pemeriksaan 1 jam sekali pada hari pertama. Pada hari selanjutnya penggunaan meningkat dan lakukan pemeriksaan kondisi kaki setiap 2 jam. Waktu pemeriksaan bisa dapat semakin jarang setiap harinya.
    • Waktu Penggunaan Night Splint AFO.
      Night Splint AFO digunakan hanya pada malam hari atau ketika anak sedang beristirahat, menonton TV, membaca buku dan kegiatan lain dimana anak tidak diharuskan untuk berjalan. Apabila terdapat ketidak-nyamanan dan permasalahan yang sama seperti penggunaan AFO segera hentikan penggunaan selama 1-2 jam. Anak akan terbiasa menggunakan night splint AFO setelah beberapa hari.
    • Cara Memasang AFO.
      Langkah 1 : Gunakan kaos kaki yang menutupi bagian betis.
      Langkah 2 : Pastikan posisi AFO seudah benar saat memasukkan kaki dan bagian belakang tumit harus menyentuh dasar plastik.
      Langkah 3 : Cek bagian belakang, samping kanan dan kiri dari depan untuk memastikan seluruh bagian telapak kaki dan mata kaki menyentuh bagian plastik di tempat yang benar.
      Langkah 4 : Agar lebih mudah memasangkan AFO pada anak-anak, anda dapat memasukkan bagian mata kaki terlebih dahulu. Tekuk lutut 90 derajat dan tekan bagian depan pergelangan kaki ke dalam dan ke bawah untuk memastikan bagian belakang tumit menyentuh bagian belakang plastik.
      Langkah 5 : Pastikan straps cukup kuat untuk menahan spastisitas pasien. AFO dapat dimasukkan ke dalam sepatu ( apabila pasien memakai sepatu ) dengan menggunakan alat bantu untuk melebarkan bagian tumit sepatu. Nagian dalam sepatu (insole) dapat dilepas bila perlu untuk mengakomodasi tinggi AFO. Penggunaan sepatu dengan tali akan sangat memudahkan pemasangan AFO ke dalam sepatu. Gunakan sepatu yang sama high-heel nya karena akan mempengaruhi fungsi dan kestabilan AFO.
  2. Perawatan AFO
  3. AFO yang digunakan harus dibersihkan secara teratur. Pencucian dilakukan dengan cara menyemprotkan alkohol pada bagian plastik AFO dan bersihkan dengan menggunakan handuk kering hingga keringat dan kotoran di dalamnya hilang. Bisa juga mencuci plastik AFO dengan sabun antiseptik dan keringkan dengan handuk.
    Apabila AFO menggunakan busa (liner) pastikan membilas sabun dengan bersih sehingga tidak tersisa busa sabun. Pastikan liner dalam keadaan kering sebelum AFO digunakan.
    Jangan merendam AFO dalam air karena akan merusak straps dengan cepat. Hindarkan straps dari kain dan rambut. Bila straps rusak segera hubungi pembuat AFO.
    Cuci kaos kaki dengan air bersih setiap hari.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *