Cerebral Palsy Center : Antara Harapan Dan Tantangan

rcp-dok4

Cerebral Palsy Center : Antara Harapan Dan Tantangan

Masih ada cerita yang tertinggal dari kegiatan pelatihan home therapy kemarin. Saat itu Bu maya memberitahukan bahwa bakal ada tamu yang datang untuk bertemu dengan pengurus Yayasan Rumah Cerebral Palsy ( RCP ). Saya juga diminta Bu Maya Taurusia untuk menemani Pak Dwi menemui tamunya. Pak Darwis dan Pak Arsa sengaja datang untuk menyaksikan sendiri kegiatan yang diadakan oleh Yayasan RCP saat itu. Sebelumnya Pak Darwis mengetahui tentang RCP dari internet dan komunikasi dengan Bu Maya.

Pak Darwis adalah seseorang yang ingin melakukan sesuatu untuk membantu para penyandang Cerebral Palsy. Suatu ketika dia pernah menemani kerabatnya yang seorang penyandang Cerebral Palsy berobat ke Singapura. Disanalah dia mengetahui adanya sebuah Cerebral Palsy Center ( CP Center ). Ketika kembali ke tanah air dia pun mencoba mencari apakah ada semacam Cerebral Palsy Center disini dan ternyata hasilnya nihil. Pencarian pun diteruskan hingga bisa berkenalan dengan Bu Maya dan akhirnya bisa hadir disalah satu kegiatan RCP. Sementara itu Pak Asra sendiri mempunyai anak penyandang cerebral palsy yang saat ini berusia 17 tahun. Hal inilah yang membuatnya begitu memahami berbagai persoalan yang biasa dihadapi oleh para orang tua dari anak penyandang cerebral palsy.

Perbincangan informal diantara kami pada dasarnya adalah mencari solusi untuk mencapai sebuah tujuan yaitu membangun sebuah Cerebral Palsy Center. CP Center sendiri ternyata adalah sebuah impian yang selalu menjadi tujuan para pengurus Yayasan RCP. Bahkan sebelumnya telah banyak hal yang dilakukan oleh para pengurus untuk mewujudkannya. Dengan demikian pengurus telah mengetahui dan memetakan hambatan2 yang dihadapi selama ini. Namun diluar semua hambatan yang bakal dihadapi, harapan akan terwujudnya sebuah CP Center tak lantas hilang. CP Center yang mampu menjadi suatu tempat yang bisa menangani para penyandang Cerebral Palsy secara terintegrasi. Tak peduli apakah penyandang CP itu masih anak-anak maupun sudah dewasa.

CP Center yang menjadi harapan adalah tempat yang mampu mengantarkan para penyandang Cerebral Palsy menjadi pribadi yang mandiri. Pribadi yang tak lagi bergantung kepada orang lain dalam berbagai aspek kehidupan. CP Center harapan kita juga adalah tempat yang mampu memberikan penanganan yang tepat kepada penyandang Cerebral Palsy. Mampu memberikan pelayanan yang terjangkau oleh semua kalangan bahkan layanan yang gratis bagi kalangan yang kurang mampu. Dan tentu juga menjadi tempat untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat yang memerlukan.
(… bersambung…)

Facebook Comments
Share Button

One thought on “Cerebral Palsy Center : Antara Harapan Dan Tantangan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *