Gembira Bersama Rumah Cerebral Palsy

Gembira Bersama Rumah Cerebral Palsy

This slideshow requires JavaScript.

Hajatan Yayasan Rumah cerebral Palsy dalam memperingati Hari Cerebral Palsy Sedunia ( World Cerebral Palsy Day ) tahun 2014 ini akhirnya telah terlaksana sesuai rencana. Pada hari minggu tanggal 19 Oktober 2014 bertempat di gedung LMPI Jakarta telah diadakan kegiatan Talk Show bertema “HIDUP SEHAT DAN GEMBIRA BERSAMA PENYANDANG CEREBRAL PALSY”. Kegiatan dibagi dalam dua sesi yaitu sesi talk show yang ditujukan terutama bagi para orang tua dari anak-anak penyandang Cerebral Palsy. Kegiatan lainnya adalah gelar kreatifitas dan permainan yang langsung melibatkan anak Cerebral Palsy.

Dalam talkshow tersebut dihadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya. Terdapat empat tema utama yang dibahas pada talkshow kali ini.

  • Pemenuhan Gizi Anak CP yang disampaikan oleh dr.Titis Prawitasari, SpA(K)
  • Pencegahan Penyakit Gigi Pada Anak CP disampaikan oleh drg.Siti Adiningrum,W.A DDS(SCD)
  • Bijak Mengkonsumsi Obat Bagi Anak CP disampaikan oleh dr. Roy Amardiyanto SpA
  • “Rumah” Tempat Latihan Efektif Bagi Anak CP disampaikan oleh Ahmad Syakib,SST.FT.SKM

Selain membahas empat tema diatas terdapat satu tema tambahan dengan pembicara yang cukup memberi kejutan bagi peserta bahkan termasuk panitia. Tema terakhir bisa disebut sebagai “motivation booster” atau penambah motivasi bagi para orang tua dalam mengasuh anak Cerebral palsy. Disampaikan oleh KH Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal sebagai Aa Gym. Tidak hanya memberi tausyiah bagi para peserta talkshow namun Aa bersama istri dan rombongan pengajian juga memberikan bantuan berupa kursi roda. Bantuan yang diberikan pun tidak hanya itu karena Aa juga memberi kesempatan bagi yang membutuhkan kursi roda lainnya untuk mengajukan permohonan melalui Yayasan Rumah Cerebral palsy.

Selama kegiatan talkshow berlangsung, anak-anak peserta dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan. Lomba meniup balon menjadi agenda pertama kegiatan. Perlombaan berlangsung dengan melibatkan anak dan orang tua. Orang tua bertugas meniup balon sementara anak-anak memegang balon tersebut. Peserta yang mengumpulkan balon paling banyak menjadi pemenangnya. Namun peserta tak khawatir jika harus kalah karena panitia tetap memberikan hadiah bagi semua peserta yang terlibat. Perlombaan lainnya adalah mengumpulkan bendera, kali ini pesertanya adalah penyandang CP sendiri dibantu oleh pendampingnya.

Mewarnai kaos adalah kegiatan selanjutnya. Kaos yang disediakan terdapat beberapa gambar hati yang kemudian diwarnai oleh peserta. Bagi peserta yang mempunyai kemampuan sendiri, pendamping hanya bertugas mengawasi. Pandamping turut membantu manakala peserta mempunyai kemampuan terbatas untuk mewarnai kaosnya sendiri. Tentu saja diakhir acara kaos yang diwarnai menjadi milik para peserta. Duh senangnya…!

Hampir serupa dengan kegiatan mewarnai kaos, kegiatan selanjutnya cukup membuat peserta merasa senang sekaligus melatih keterampilan tangannya. Menempelkan berbagai jenis kacang-kacangan pada kendi yang terbuat dari tanah sungguh bisa mengasah konsentrasi anak. Para pendamping dan orang tua bahkan terlihat keasyikan turut terlibat menghias kendi dengan kreasi masing-masing.

Hiburan lainnya hadir dengan adanya kegiatan mendongeng yang dibawakan oleh Kak Izma. Dongeng yang disampaikan mampu membuat para peserta tertawa gembira. Apalagi Kak Izma mendongeng menggunakan media boneka tangan serta melibatkan para peserta. Dongeng yang bercerita tentang hewan-hewan ditampilkan melalui karakter boneka tangan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Peserta dituntut untuk turut menirukan suara hewan serta menirukan gerakannya.

Dilokasi permainan panitia tak lupa mempersiapkan rumah balon dan tempat mandi bola. Sehingga selama acara berlangsung anak-anak tetap merasa gembira. Kegembiaraan yang juga merupakan hak semua anak termasuk para penyandang Cerebral Palsy. Seluruh rangkaian acara ditutup dengan pelepasan balon oleh seluruh peserta dan panitia yang terlibat. Para peserta pun bisa pulang dengan perasaan gembira setelah seharian berkumpul melakukan berbagai permainan yang menyenangkan. Para orang tua kembali dengan tambahan wawasan ilmu dalam memberi asuhan yang membuat anak-anak mereka lebih sehat. Dengan demikian semoga harapan untuk membuat hidup sehat dan gembira bersama penyandang Cerebral Palsy yang menjadi tema acara bisa tercapai.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *