Kolaborasi RCP dan IFI Bogor

Kolaborasi RCP dan IFI Bogor

This slideshow requires JavaScript.

Kegiatan terapi bagi anggota Rumah Cerebral Palsy Bogor (RCP Bogor) telah dimulai pelaksanaannya pada tanggal 4 November 2018. Gagasan kegiatan ini dicetuskan pertama kali bersamaan dengan peringatan World CP Day 2018 di Bogor pada tanggal 21 oktober 2028. Relawan terapis dari Ikatan Fisioterapis Indonesia Bogor (IFI Bogor) menyambut gagasan ini sebagai bentuk pengabdian bagi masyarakat. IFI Bogor yang di komandoi oleh Pak Eidman juga Pak Daniel berkomitmen untuk memberikan layanan terapis bagi keluarga RCP Bogor. Terapis yang bertugas ditunjuk secara bergantian. Tidak hanya itu, IFI Bogor bahkan membantu menyediakan tempat untuk terapi kali ini. Masalah ketersediaan tempat inilah yang menjadi hambatan berbagai kegiatan yang ingin dilaksanakan.

Antusias anggota RCP Bogor ternyata begitu tinggi. Pertama kali kegiatan ini dilaksanakan peserta yang berkomitmen hadir 21 orang. Dan ketika pelaksanaan hanya 3 orang yang membatalkan hadir karena hambatan kondisi kesehatan. Tempat yang terbatas membuat kami harus mengatur jam kedatangan setiap peserta agar tidak menumpuk di tempat pelaksanaan terapi. Dengan harapan suasana terapi bisa berjalan sebaik mungkin.

Kolaborasi RCP dan IFI Bogor

Komentar dari para peserta dengan kegiatan ini sangat positif. Terapis IFI Bogor yang bertugas kali ini Bu Astri dan Bu Damaris dianggap bisa menjelaskan apa yang bisa dilakukan orang tua di rumah untuk memberikan terapi bagi anak-anaknya. Sebagaimana tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu selain memberikan terapi bagi ACP (Anak Cerebral Palsy) juga memberikan edukasi bagi keluarga di rumah terutama para Ibu. Edukasi bisa berupa terapi sederhana atau bagaimana cara memberi makan, psosisi tidur, dll.

Satu kegiatan yang telah dimulai ini semoga bisa berkesinambungan. Kerjasama RCP Bogor yang didukung dengan baik oleh IFI Bogor semoga bisa memberikan kontribusi bagi tumbuh kembang anak-anak Penyandang Cerebral Palsy di Bogor.
Tak lupa melalui media ini kami keluarga besar Yayasan Rumah Cerebral Palsy memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi Ikatan Fisioterapis Indonesia Bogor (IFI Bogor), karena tanpa dukungannya maka kegiatan ini tidak akan berjalan.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *