Laporan Pertanggungjawaban Acara Perayaan Hari Kesadaran Cerebral Palsy Sedunia 2014

Laporan Pertanggungjawaban Acara Perayaan Hari Kesadaran Cerebral Palsy Sedunia 2014

Setelah melalui proses persiapan yang cukup panjang akhirnya rencana untuk merayakan Hari Kesadaran Cerebral Palsy Sedunia (World Cerebral Palsy Awareness Day) tahun 2014 dapat terselenggara oleh Yayasan Rumah Cerebral Palsy.
Acara terselenggara pada hari Minggu tanggal 19 Oktober 2014 bertempat di gedung LMPI di Jalan Raya Utan Kayu, Jakarta Timur mulai pukul 09.00 pagi sampai selesai.
Bertemakan “Hidup Sehat dan Gembira Bersama Penyandang Cerebral Palsy” acara dibagi menjadi dua program secara simultan. Program pertama berupa talk show atau seminar mini yang dikoordinir oleh Ibu Anes dan Ibu Dian menghadirkan para pakar ilmu kedokteran dan fisioterapi sebagai bagian dari agenda informasi dan edukasi Yayasan RCP untuk masyarakat khususnya yang memiliki anggota keluarga penyandang CP. Program kedua berupa hiburan/entertainment untuk anak penyandang CP beserta keluarganya.
Talk show diikuti oleh 50 peserta yang memenuhi ruangan, terdiri dari utusan Yayasan Hesu, para orang tua anak penyandang CP dan ada juga penyandang CP itu sendiri yang ikut menghadirinya. Acara ini dipandu oleh Ibu Noi Ambar sebagai MC dan Ibu Rosa sebagai moderator, membahas 4 hal yang paling banyak menjadi pertanyaan orang tua yang memiliki anak penyandang CP.
Di sesi pertama Ibu drg Siti Adiningrum, W.A DDS(SCD) mempresentasikan “Pencegahan Penyakit Gigi Pada Anak Penyandang CP”, disertai tips-tips praktis menjaga kebersihan gigi anak, dan bagaimana memodifikasi sikat gigi sehingga anak dengan keterbatasan motorik tetap dapat menyikat gigi secara mandiri.
Sesi kedua dilanjutkan oleh Ibu dr. Titis Prawitasari SpA(K) yang menguraikan secara lengkap mengenai “Pemenuhan Kebutuhan Gizi pada Anak CP”, disertai berbagai contoh pemberian makanan padat dan halus. Beliau juga dengan gamblang mengajarkan posisi yang tepat saat memberikan makanan pada anak CP.
Sesi ketiga diisi oleh Bapak dr.Roy Amardiyanto SpA yang menjelaskan tentang “Bijak Mengkonsumsi Obat Bagi Anak Penyandang CP”. Mengingat banyaknya anak penyandang CP yg juga memiliki berbagai komplikasi keluhan dan penyakit lain seperti epilepsi, masalah pencernaan dan lain lain, maka orang tua dan penyandang CP harus memahami jenis-jenis obat beserta efek sampingnya masing-masing.
Pembicara terakhir adalah Bapak Ahmad Syakib,SST,FT,SKM yang memotivasi para orangtua dan penyandang CP untuk menjadikan “Rumah sebagai Tempat Latihan Efektif bagi Penyandang CP”. Beliau menjelaskan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam memberikan latihan dan pentingnya kedisiplinan dan komitmen dalam memberikan latihan yang teratur dan terukur.
Acara dilanjutkan dengan tanya jawab setelah sebelumnya ada selingan dari Ustadz Abdullah Gymnastiar yang memberikan wejangan dan motivasi kepada para orang tua untuk terus bersabar dan berdoa dalam mendampingi anak-anak berkebutuhan khusus mereka. Ustadz juga menyampaikan sumbangan berupa 2 kursi roda dari Majelis Taklim Aisyah kepada anggota RCP yang membutuhkan

Sementara itu pada waktu yang bersamaan di halaman gedung anak-anak peserta dilibatkan dalam berbagai kegiatan menyenangkan, dipimpin oleh Ibu Maya, Ibu Pamel dan Ibu Sendy, didampingi beberapa voluntir dari Junex atau Junior Explorer. Sekitar 80 anak bersama para pendampingnya ikut aktif berpartisipasi dalam acara ini. Lomba meniup balon dan lomba mengumpulkan bendera berlangsung meriah dan penuh gelak tawa.
Kegiatan lain adalah kerajinan tangan/craft sederhana berupa mewarnai kaos dan menghias gerabah yg bahannya disediakan oleh panitia. Walaupun sederhana namun ini tugas yg tidak mudah untuk anak-anak dengan gangguan motorik ini.
Selain itu disediakan juga kolam bola dan bouncy castle untuk anak-anak yang lebih kecil yang nampak amat menikmatinya sekaligus juga bagian dari stimulasi sensori integrasi mereka.
Sebagai puncak acara hiburan ada dongeng yang dibawakan oleh kak Idzma dari Kidzsmile Foundation yang berhasil menarik perhatian anak-anak untuk berinteraksi bersama.
Kak Idzma bercerita menggunakan alat bantu boneka tangan, peserta diminta menirukan suara dan gerakan hewan yang ditampilkan.

Acara berakhir sekitar pukul 12 siang, setelah penyerahan tanda terimakasih kepada para pengisi acara seminar maka semua peserta turut bergabung dengan anak-anak di halaman gedung dan bersama-sama melepaskan balon hijau dan putih sebagai simbol World CP Awareness Day. Peserta mendapatkan berbagai paket goody bag dari sponsor dan konsumsi dari panitia. Sebagian peserta yang berasal dari keluarga prasejahtera juga mendapatkan penggantian biaya transportasi untuk meringankan beban mereka.

Secara keseluruhan acara berjalan lancar, semua peserta gembira berkumpul bermain bersama dan juga mendapatkan ilmu yang sangat penting untuk tata laksana perawatan anak penyandang CP.
Seluruh panitia telah bekerja keras untuk suksesnya acara ini. Sedikit bahan evaluasi adalah keterbatasan tenaga untuk menangani anak-anak yang bermain di halaman, dan kurangnya teknisi yang mengatur kelancaran presentasi di acara seminar sehingga ketua panitia harus merangkap sebagai petugas slides selama seminar berlangsung dan tidak bisa memantau keberlangsungan acara hiburan.

Demikian laporan ini saya buat, mohon maaf atas kekurangan dan kekhilafan.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *