Liburan Keluarga ACP

Liburan Keluarga ACP

nur-cp4
Selamat memasuki tahun 2017 warga Rumah Cerebral Palsy (RCP). Di tahun baru ini semoga semangat kita terus baru dalam mengasuh ACP (Anak Cerebral Palsy) kita. Bisa jadi saat ini digunakan oleh para orang tua untuk membuat target baru dalam tumbuh kembang ACP-nya. Meski seringkali sebuah target hanyalah menjadi sebuah catatan tujuan yang sulit tercapai. Catatan yang terus membakar semangat dalam memberikan pengasuhan terbaik bagi ACP kita. Masa pergantian tahun kali ini dibarengi dengan hari libur nasional dan libur sekolah. Pada masa libur panjang ini banyak dimanfaatkan untuk mengajak keluarga berlibur oleh sebagian masyarakat tak terkecuali keluarga dengan ABK khususnya penyandang Cerebral Palsy. Nah kali ini admin ingin membahas sedikit tentang liburan keluarga ACP.

Melihat foto2 di grup FB Rumah Cerebral Palsy belakangan ini banyak keluarga mengunggah foto liburan bersama ACP. Sungguh menyenangkan melihat foto-foto tersebut. Seluruh keluarga berfoto penuh kegembiraan dengan salah satu anggota keluarga ACP menggunakan kursi roda atau berada dipangkuan orang tuanya. Bagi kebanyakan orang mungkin akan tampak biasa melihat foto sedemikian. Namun bagi keluarga yang mempunyai ACP atau ABK lainnya akan makna lebih dibalik sebuah foto liburan keluarga ACP.

Beberapa tantangan liburan keluarga ACP

Alat transportasi.
Saat hendak berlibur maka hal pertama yang harus dipikirkan adalah jenis transportasi yang akan digunakan. Terutama bagi keluarga yang tidak mempunyai kendaraan pribadi. Bagi ACP yang masih kecil mungkin tidak menjadi masalah besar karena bisa digendong orang tua. Bagi ACP sudah besar juga tergantung kondisinya, ACP yang belum mampu berjalan akan lebih sulit dibandingkan yang bisa berjalan. Pertanyaan selanjutnya apakah memungkinkan untuk melakukan perjalanan liburan menggunakan angkutan publik atau harus menyewa mobil rental.

Kondisi Kesehatan
Mempertimbangkan kondisi kesehatan tentu saja bukan hanya masalah keluarga dengan ACP ketika hendak berlibur. Namun jika ACP mengalami gangguan kesehatan saat berlibur tentu hal ini menjadi masalah besar yang menghilangkan kegembiraan berlibur. Orang tua adalah pihak yang paling mengenal kondisi terbaik baik ACP untuk berlibur.

Tempat liburan ramah disabilitas.
Masalah kurang tersedianya ruang ramah disabilitas adalah masalah besar pada hampir semua tempat di negeri ini. Apalagi bagi tempat2 liburan yang cenderung mengutamakan aspek komersil dalam menyediakan fasilitasnya. Ada baiknya bagi keluarga ACP mencari informasi sebelumnya mengenai kondisi tempat liburan yang hendak dituju. Usahakan keluarga tetap menikmati suasana tempat liburan sambil tetap memberikan kenyamanan untuk ACP.

Alat bantu ACP.
Dalam keseharian ACP banyak menggunakan alat bantu. Sebaiknya alat bantu ACP dipersiapkan sedemikian rupa saat berlibur. Namun seringkali alat bantu yang cocok digunakan di rumah ternyata menjadi masalah besar jika harus dibawa ke tempat liburan. Misalnya kursi roda yang kurang fleksibel jika dibawa bepergian. Perhatikan perlengkapan tambahan dari mulai kain untuk ACP yang masih ngeces (drolling) hingga diapers dan lainnya.

Muka tebal.
(Duh koq sub judulnya aneh nih?) Membawa ACP atau ABK pada umumnya ke tempat keramaian pasti akan mengundang perhatian orang lain. Dari mulai orang yang memperhatikan dengan sembunyi2 hingga yang benar-benar menyapa dan membelai ACP kita. Apalagi jika ACP tiba-tiba menangis atau ngamuk tanpa sebab yang pasti. Suasana liburan yang penuh kegembiraan bisa jadi akan terganggu dengan tangisan anak kita. Disinilah “alat bantu” yang cukup ampuh digunakan bagi para orang tua yaitu pasang muka tebal. Banyak yang sudah terbiasa membawa ACP di tengah keramaian dan tetap tak terpengaruh kondisi sekitarnya. Namun tetap saja perhatian dari orang2 disekitar tidak bisa begitu saja diabaikan. Bahkan terkadang liburan keluarga ACP harus berakhir mendadak manakala ACP kita benar2 tidak bisa berhenti menangis atau mengamuk di tempat liburan.

Selain hal yang tertulis diatas tentu saja masih banyak tantangan dalam liburan keluarga ACP. Mudah-mudahan kita bisa membahasnya dilain kesempatan. Oleh karena itu admin sangat berharap bagi sahabat Rumah Cerebral Palsy untuk berbagi pengalaman berlibur dengan ACP masing2.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *