Mengenal Cerebral Palsy

Mengenal Cerebral Palsy

Cerebral Palsy #1
Cerebral Palsy merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gejala/gangguan yang sifatnya non progresif pada pasien usia muda dimana kelainan utamanya terletak pada otak namun menyebabkan kelainan pada fungsi motorik. Kelainan fungsi motorik tersebut bisa berupa kelemahan/paresis, kekakuan/spastik, atau gerakan involunter/inkoordinasi.
Walaupun kelainan pada otak bersifat non progresif/tidak berkembang, namun manifestasi kelainan motoriknya terus berkembang seiring dengan pertumbuhan dan kurangnya penanganan karena berbagai sebab.
Kelainan motorik tersebut seringkali (namun tidak selalu) diiringi dengan gangguan sensasi, persepsi, kognisi (intelgensi), komunikasi, dan perilaku. Bisa juga disertai dengan penyakit lainnya seperti epilepsi.
Kerusakan otak pada cerebral palsy dapat terjadi pada bayi/anak pada waktu prenatal (kehamilan), natal (kelahiran) dan post natal (paska kelahiran). Semua kejadian yang mengakibatkan gangguan otak pada masa pertumbuhan otak yg cepat berpotensi menimbulkan cerebral palsy.

Mengenal Cerebral Palsy

Manifestasi klinis dari Cerebral Palsy tergantung dari bagian mana dari otak yang terkena dan seberapa besar. Variasinya yg luas menyebabkan manifestasi Cserebral Palsy bisa berupa anak dengan intelektual yg pintar namun berjalan jinjit sampai anak yg tidak bisa berkomunikasi dan harus menggunakan kursi roda serta mengidap epilepsi masuk dalam kategori Cerebral Palsy.
Insidens/angka kejadian CP meningkat seiring dengan perkembangan ilmu kedokteran yg memungkinkan bayi dengan berat lahir sangat rendah bisa bertahan hidup. Data dari amerika menyatakan tiap 1000 kelahiran hidup, diperkirakan 2-3 anak menderita Cerebral Palsy.

Narasumber :

Nama : Dr. Patar Oppusunggu Sp.OT
Pekerjaan : Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi di RSUD Kab Tangerang Banten.
Pendidikan :
– FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo
– Departemen Orthopaedi dan Traumatologi FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo
– Fellowship Pediatric Orthopedic, Mumbai. India

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *