Pelatihan Home Therapy 2 Bulan Agustus

This slideshow requires JavaScript.

Pelatihan Home Therapy 2 Bulan Agustus.

Setelah cukup lama vakum, kegiatan pelatihan home therapy 2 yang diselenggarakan oleh Rumah Cerebral Palsy akhirnya bisa terlaksana pada tanggal 23 agustus 2015. Masih bertempat di Keanna Center yang terletak di Cilandak. Acara pelatihan kali ini dimulai pukul 09 pagi dengan diikuti 11 ACP beserta orang tua. Setelah sambutan pembukaan dari pihak Rumah Cerebral Palsy, Pak Syakib selaku pimpinan Keanna Center memberikan sambutan berisi petunjuk teknis pelaksanaan pelatihan kali ini.

Pelatihan Home Therapy 2 direncanakan berlangsung selama setahun dengan 5 – 6 kali pertemuan. Dalam setiap pertemuan telah ditentukan tahapan-tahapan yang seharusnya dilakukan oleh orang tua bersama dengan para terapis dibawah bimbingan Pak Syakib. Pak Syakib memberikan gambaran tahapan yang harus dilalui selama pelatihan home therapy sebagai berikut :

  • Pertemuan pertama
    Pada tahap ini dilakukan pengenalan tentang kondisi ACP. Asessment yang dilakukan para terapis meliputi penggalian informasi dari orang tua ACP tentang kondisi anaknya. Informasi yang diperlukan meliputi informasi proses kelahiran hingga kondisi terakhir yang dihadapi oleh ACP. Dari tahap ini bisa ditentukan strategi terapi apa yang akan diberikan kepada ACP.
  • Pertemuan kedua
    Pada pertemuan kedua terapis mulai memberikan contoh model terapi yang diberikan kepada ACP berdasarkan strategi yang didapat sebelumnya. Para orang tua mulai belajar memberikan terapi dengan melihat apa yang dilakukan para terapis.
  • Pertemuan ketiga
    Pada tahap ini orang tua mulai terlibat dalam melakukan terapi kepada ACP dengan bimbingan langsung dari para terapis
  • Pertemuan keempat
    Pada tahap ini orang tua diharapkan telah mampu melakukan sendiri terapi terhadap ACP. Para terapis tetap sebagai pengawas dan melakukan evaluasi terhadap apa yang dilakukan orang tua
  • Pertemuan kelima
    Di tahap ini orang tua telah lebih handal dalam memberikan terapi di rumah. Evaluasi terhadap pencapaian hasil terapi tetap dilakukan oleh para terapis sambil menentukan strategi lanjutan dari hasil yang telah dicapai

Sebagaimana tujuan utama dari program pelatihan Home therapy 2 kali ini adalah memberikan tambahan wawasan dan keterampilan bagi para orang tua ACP. Selain itu juga menambah motivasi bagi para orang tua agar jangan mudah menyerah dalam menghadapi kondisi apapun yang dijalani ACP. Bagaimana pun orang tua adalah terapis terbaik bagi anak-anaknya karena para terapis tentunya terbatasi ruang dan waktu dalam memberikan pendampingan bagi para ACP.
Semoga para peserta yang telah mengikuti pelatihan Home Therapy kali ini bisa konsisten menjalankan terapi di rumah masing-masing. Bagi peserta yang tidak bisa mengikuti pelatihan karena satu dan lain hal semoga bisa mengikutinya pada kesempatan berikutnya.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *