Pelatihan Home Therapy Gelombang 2

Pelatihan Home Therapy Gelombang 2

home therapy2-1

Hajatan tahunan Yayasan Rumah Cerebral Palsy akhirnya kembali dapat terlaksana. Setelah program pelatihan gelombang pertama sepanjang tahun 2013-2014 telah dilaksanakan dengan sukses. Program pelatihan “Home Therapy” atau terapi mandiri bagi para orang tua dari Anak Cerebral Palsy (ACP) untuk tahun 2015 dibuka pada tanggal 24 Mei 2015. Bertempat di Keanna Center yang terletak dikawasan Cilandak. Pembukaan yang berlangsung sederhana tidak lantas membuat cita-cita seluruh peserta yang hadir turut menjadi sederhana. Ada cita-cita yang tak sederhana dari semua yang terlibat dalam program pelatihan ini. Kami dari yayasan RCP tentunya bercita-cita untuk terus selalu “Saling peduli, saling berbagi” sebagaimana yang menjadi motto kami. Pihak Keanna Center yang dalam hal ini dipimpin oleh Pak Ahmad Syakib tentunya ingin juga memfasilitasi kegiatan ini agar bisa berjalan lancar. Para sukarelawan yang berasal dari Poltekkes 3 Depkes RI Jakarta jurusan Fisioterapi juga mempunyai tujuan untuk mengaplikasikan segala ilmu yang didapat dalam kegiatan nyata di lapangan. Dan terutama cita-cita dari para orang tua ACP yang berkeinginan memberikan pengasuhan terbaik bagi anak-anak mereka penyandang Cerebral Palsy.

Home therapy2-2

Pada sambutan pembukaan program pelatihan Home Therapy kali ini Pak Ahmad Syakib menjelaskan tahapan yang hendak dijalankan bagi para orang tua ACP. Sebagaimana tujuan utama dari program ini adalah untuk memberikan keterampilan bagi para orang tua ACP agar dapat memberikan terapi secara mandiri bagi ACP mereka. Kemampuan ini diharapkan membuat orang tua tidak terlalu bergantung kepada program terapi yang diadakan di klinik-klinik Fisioterapi. Kemampuan terapi mandiri juga akan memberikan dampak penghematan besar dalam segi biaya pengobatan bagi ACP. Terapi mandiri juga diyakini akan memberikan hasil yang lebih baik jika dijalankan dengan baik. Hal ini bisa jadi karena terapi mandiri memang dilakukan di rumah sehingga intensitas terapi tidak terbatas oleh waktu dan tenaga terapis.

home therapy2-3

Jumlah peserta home therapy gelombang 2 lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Lebih dari 30 peserta telah mendaftarkan diri untuk mengikuti program pelatihan ini. Jumlah yang besar ini memaksa pihak yayasan RCP dan Keanna Center untuk membagi peserta menjadi dua grup. Pembagian ini tentunya bertujuan agar proses pelatihan menjadi lebih baik. Kelebihan jumlah peserta pelatihan bisa mengakibatkan proses pelatihan menjadi tidak fokus. Pada pelatihan yang lalu ternyata tidak semua peserta yang dijadwalkan bisa hadir. Peserta dari grup A yang mengikuti pelatihan kemarin hanya berjumlah 9 ACP dari sebanyak 17 peserta yang dijadwalkan. Pada pelatihan pertama kali ini kegiatan pelatihan lebih fokus pada penentuan masalah dan kebutuhan yang dihadapi oleh masing-masing ACP. Tak lupa pula para sukarelawan yang dibimbing langsung oleh Pak Ahmad Syakib membuat perencanaan terapi bagi setiap ACP.

home therapy2-4

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah turut membantu demi terlaksananya program yayasan Rumah Cerebral Palsy untuk tahun ini.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *