Peran Dokter Orthopedi dalam Penanganan Cerebral Palsy

Peran Dokter Orthopedi dalam Penanganan Cerebral Palsy

Tidak bisa dipungkiri bagi orang tua dengan anak yang menderita CP cukup khawatir bila harus bertemu dengan dokter orthopedi. Pemikiran bahwa anaknya pasti bakal dianjurkan operasi dan tindakan2 lain yang mungkin jauh dari bayangan membuat sebagian besar orang tua akan menunda selama mungkin untuk konsultasi dengan dokter orthopedi, namun hal ini terbukti menyebabkan keterlambatan penanganan anak dengan CP dan membuat sebuah prosedur yang mustinya bisa sederhana dan mudah menjadi sulit dan kompleks.
Dalam 2 dekade terakhir, seiring dengan perkembangan ilmu kedokteran, peran orthopedi dalam penanganan CP makin aktif dan agresif terutama dalam tujuannya untuk meningkatkan fungsi dan mencegah deformitas (kelainan bentuk). Perkembangan tersebut termasuk dalam pengawasan panggul (untuk mencegah dislokasi), prosedur minimal invasif, menggunakan fiksasi eksternal (implant diluar tubuh), dan pengertian lebih baik terhadap gangguan tuas tubuh dalam bergerak (yg hanya bisa dikoreksi dengan operasi). Operasi orthopedi telah terbukti secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik umum dan kemampuan gerak bila dilakukan pada anak yg tepat. Hasil dari operasi orthopedi bisa sangat dramatik dan mengubah kehidupan (life changing) bila dilakukan oleh tim bedah yg baik, pada usia yg tepat, sesuai indikasi dan diikuti program rehabilitasi yg intensif. Namun operasi orthopedi bisa juga berakibat buruk bila dilakukan tidak optimal dan tidak didukung tim rehabilitasi medik yg baik. Oleh sebab itu operasi orthopedi harus diintegrasikan dalam rencana jangka panjang penanganan pasien dengan CP dan sudah direncakanan secara baik dan bukan dilihat sebagai usaha terakhir.

Peran Dokter Orthopedi dalam Penanganan Cerebral Palsy

Penetapan waktu untuk operasi orthopedi biasanya ditentukan oleh kematangan susunan saraf pusat, potensi ambulasi dan juga seberapa cepat timbulnya kontraktur dan gangguan tuas tubuh. Dislokasi panggul juga merupakan salah satu indikasi operasi, berapapun umurnya. Selain indikasi diatas, biasanya operasi orthopedi akan dilakukan pada usia 4-10 tahun sebelum terjadi perubahan bentuk pada tulang. Pada spastic diplegic dikatakan sebaiknya operasi dilakukan pada usia 4-8 tahun, sebelum muncul kelainan lainnya dan untuk membantu pembentukan pola jalan yg matang.
Target umum operasi orthopedi adalah :
1. Mengurangi spastisitas yg merugikan, terkadang ada kondisi spastisitas yg berguna dalam mendukung stabilitas sendi
2. Memperbaiki kontraktur yg mengganggu fungsi atau menghalangi kebersihan diri
3. Menyederhanakan sistem kontrol
4. Mempertahankan fungsi otot gerak
5. Memperbaiki kelainan tuas tubuh dan dislokasi sendi
Target operasi orthopedi pada pasien GMFCS I-III yg bisa berjalan :
1. Memperbaiki efisiensi pola jalan, menghemat energi saat berjalan dan memperbaiki fungsi fisik secara umum
2.Memperbaiki tampilan saat berjalan : mengurangi pemakaian alat bantu maupun orthosis, kaki rata dengan tanah, kaki lurus kedepan, berdiri dan berjalan lebih tegak, dll
Target operasi orthopedi pada pasien GMFCS IV-V yg tidak bisa berjalan :
1. Mencegah dan mengurangi nyeri dan rasa tidak nyaman
2. Memudahkan orang tua dan anak untuk melakukan aktivitas sehari2.
3. Meningkatkan kualitas hidup
Operasi orthopedi pada CP meliputi : melepas dan memanjangkan tendon/urat, mentransfer/memindahkan tendon, rekonstruksi tulang, dan penyatuan sendi.
Sebagai kesimpulan dari tulisan ini, diharapkan para orang tua yg memiliki anak dengan CP bisa melihat operasi orthopedi sebagai sebuah bagian dari proses tatalaksana anak dengan CP, bukan sebagai kejadian yg terpisah. Dalam jangka panjang, bila dilakukan dengan tepat maka operasi orthopedi mempunyai peran penting dalam tatalaksana anak dengan CP.
Selesai.

Narasumber :

Nama : Dr. Patar Oppusunggu Sp.OT
Pekerjaan : Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi di RSUD Kab Tangerang Banten.
Pendidikan :
– FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo
– Departemen Orthopaedi dan Traumatologi FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo
– Fellowship Pediatric Orthopedic, Mumbai. India

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *