Tatalaksana untuk pasien Cerebral Palsy.

Tatalaksana untuk pasien Cerebral Palsy.
Cerebral Palsy #3a
Perlu diketahui bahwa cerebral palsy adalah kondisi yang permanen, maka dari itu harus disadari bahwa anak dengan CP akan bertumbuh menjadi orang dewasa dengan CP. Hal ini harus disadari sejak awal oleh orang tua sehingga tidak kemudian membuat harapan2 yg tidak realistik dan memberatkan orang tua sendiri, anak dan juga tenaga kesehatan yg terlibat.
Target/goals
Berdasarkan urutan prioritas, umumnya target pada pasien CP adalah :

  1. Komunikasi : adalah keinginan setiap insan manusia dalam berkomunikasi untuk mengekspresikan keinginan, pikiran dan perasaan. Harus disadari komunikasi itu tidak hanya bersifat lisan atau dengan kata2, namun juga non-verbal. Komunikasi non-verbal bisa melalui bahasa isyarat, simbol atau alat bantu elektronik lainnya.
  2. Aktivitas sehari-hari : kebutuhan dasar tiap anak adalah makan, BAK & BAB, mandi, dan memakai pakaian. Hal2 tersebut merupakan target dasar yg perlu kita capai untuk mendapatkan kualitas hidup yg optimal.
  3. Mobilitas : hal ini penting untuk kemandirian dan sosialisasi, dan bila memungkinkan turut aktif dalam kegiatan masyarakat. Bila seseorang tidak bisa berjalan dengan mandiri, saat ini sudah banyak alat2 bantu yg bisa meningkatkan mobilitas seseorang.
  4. Berjalan : dahulu dianggap sebagai prioritas tertinggi pada pasien CP namun kini menjadi prioritas terakhir karena berhubungan dengan maturitas dan kemandirian serta integrasi sosial terbukti lebih penting pada pasien CP. Kemampuan berjalan pada CP diklasifikasikan dalam GMFCS yg akan dibahas terpisah.

Tatalaksana untuk pasien Cerebral Palsy

Setiap orang tua diharapkan menyadari semua target diatas pada tatalaksana anak2 dengan CP dan tidak hanya fokus pada salah satunya.
Tatalaksana pada anak dengan CP dibagi menjadi :
1. Tatalaksana untuk gangguan motorik
2. Tatalaksana untuk kondisi medis lainnya

Narasumber :

Nama : Dr. Patar Oppusunggu Sp.OT
Pekerjaan : Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi di RSUD Kab Tangerang Banten.
Pendidikan :
– FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo
– Departemen Orthopaedi dan Traumatologi FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo
– Fellowship Pediatric Orthopedic, Mumbai. India

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *