Terapi Air Untuk Cerebral Palsy

Terapi Air Untuk Cerebral Palsy

terapi air

Terapi air disebut juga sebagai aqua terapi atau hydro terapi adalah penggunaan air sebagai media untuk meningkatkan kemampuan fisik tubuh. Telah diterima oleh kalangan medis sebagai sebuah terapi yang mampu merehabilitasi dan re-edukasi tubuh manusia. Air juga mempunyai efek penyembuhan tinggi bagi anak penyandang cerebral palsy dengan melakukan berbagai aktifitas didalam air.

Lebih dari 50% dari tubuh terdiri dari air. Gaya gravitasi dan berat tubuh sangat mempengaruhi pergerakan tubuh. Dengan terapi air maka akan terdapat lingkungan yang kondusif untuk mengurangi hambatan gravitasi ini. Air juga mengurangi 90 % hambatan akibat berat tubuh. Memberikan tubuh kondisi yang memungkinkan untuk bergerak sebebas-bebasnya. Tanpa adanya tekanan pada otot-otot yang biasanya dipengaruhi gravitasi dan berat tubuh.

Tujuan yang umumnya ingin dicapai dengan terapi ini diantaranya :

– Peningkatan kemampuan fisik
– Membangun dan mengelola control tubuh
– Meningkatkan kemampuan psikologis
– Meningkatkan kualitas hidup dan kemandirian.

Keuntungan dari aqua terapi :

– Menghilangkan hambatan (gravitasi)
– Mengurangi rasa sakit pada otot dan sendi
– Mendorong gerakan lebih leluasa
– Melindungi dari terjadinya cedera (terjatuh)
– Menghilangkan ketidak-nyamanan dalam terapi.
– Memperbaiki kinerja jantung dan paru-paru karena kondisi tubuh yang lebih rileks.

Pada awalnya terapi air diyakini hanya mampu memudahkan penyandang cerebral palsy untuk lebih bebas bergerak. Ternyata kini keuntungan yang didapatkan lebih dari sekedar kemudahan dalam bergerak. Kondisi tanpa gravitasi memungkinkan system pernapasan dan jantung jauh lebih baik. Tekanan air juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah. Tekanan air juga member efek latihan gerak yang bermanfaat untuk tubuh. Melangkah dalam air akan memberi tekanan sepuluh kali lebih kuat daripada melangkah di darat. Tekanan ini membuat pertumbuhan otot lebih maksimal.

Kepada siapa dilakukan terapi air?

Tak ada ketentuan pasti pada pasien cerebral palsy usia berapa bisa diberikan terapi air. Anak cerebral palsy tidak harus tahu bagaimana caranya berenang. Program terapi air akan berbeda bagi setiap anak bergantung pada usia dan kondisi yang dialaminya. Program yang tepat dan dilakukan oleh tenaga ahli yang professional akan memberkan dampak terbaik bagi penyandang cerebral palsy. Jika ada yang tidak bisa diberikan terapi air mungkin hanya disebabkan oleh adanya alergi atau penderita asma. Bagi mereka mungkin menjalankan terapi air bukanlah suatu pilihan untuk dilakukan.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *