Terapi Bermain di Kebun Raya Bogor

IMG_20140608_101230_0

Hari minggu tanggal 8 Juni 2014, anak saya telah mengikuti kegiatan terapi bermain yang diselenggarakan oleh Klinik Tumbuh Kembang RSIA Hermina Bogor. Terapi bermain kali ini adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan dengan tempat yang sama yaitu di Kebun Raya Bogor. Pemilihan Kebun Raya Bogor sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini bukan tanpa alasan. Tempat tinggal peserta memang kebanyakan berada didaerah kota bogor dan sekitarnya. Peserta terapi adalah anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) yang biasa melakukan terapi di rumah sakit Hermina Bogor. Walau sebenarnya kegiatan ini juga bisa diikuti oleh peserta dari luar pasien rumah sakit.

kbn raya

IMG_20140608_094147_0

Acara dimulai jam 08.30 dengan berjalan bersama. Bermula dari pintu gerbang menuju lokasi yang berada didalam kawasan kebun raya bogor. Peserta dibagi kedalam empat kelompok dengan dresscode berbeda yaitu biru, hijau, kuning dan orange. Sedangkan panitia yang terdiri dari para terapis mengenakan baju berwarna merah. Sesampainya di lokasi terapi bermain yang telah ditentukan peserta pun langsung mengikuti game-game yang telah disiapkan oleh panitia. Ada permainan menyusun donat, merangkak dan memakai sepatu, mengambil bola dalam tepung dan memindahkan balon. Permainan yang bisa jadi terdengar mudah bagi anak-anak kebanyakan. Hanya saja permainan seperti itu menjadi cara belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

IMG_20140608_095643_0

Berbagai tingkah lucu ABK mewarnai sepanjang kegiatan berlangsung. Ada anak yang tidak bisa diperintah oleh orang lain selain terapisnya sendiri. Anak lainnya tak henti berteriak-teriak ketika mengikuti permainan memindahkan bola. Terkadang terjadi rebutan diantara ABK. Terapi bermain secara bersama memang bermaksud juga melatih kemampuan bersosialisasi ABK. Ketika melakukan terapi di rumah sakit biasanya mereka tak sempat bertemu dengan ABK lainnya karena jadwal terpai yang berbeda. Selain itu juga mereka diterapi didalam ruangan masing2 dengan terapis masing2 yang telah ditentukan. Nah ketika terapi bersama dialam terbuka semua ABK akan bertemu dan bisa saling berinteraksi.

IMG_20140608_101636_0

Demikian juga bagi para orang tua ABK, mereka bisa saling bertemu dan saling bertukar pengalaman dalam mengasuh ABK. Hal ini juga bisa sedikit mengurangi beban yang biasa dihadapi dalam mengasuh ABK sehari-hari dirumah. Suasana di kebun raya bogor yang cukup sejuk dengan pepohonan yang banyak tumbuh disana. Sepanjang acara para terapis sibuk memberi arahan bagi para ABK dalam mengikuti perlombaan. Keterlibatan orang tua dibatasi dalam membantu anak-anaknya. Dari kegiatan ini pula dinilai kekompakan antara ABK dan orang tua pendampingnya.

IMG_20140608_103039_0

Setiap ada selesai melakukan satu perlombaan setiap anak diberikan hadiah. Bukan hadiah yang bernilai mahal. Hadiah berupa stiker binatang yang ditempelkan dibaju cukup membuat peserta merasa senang. Ada juga hadiah berupa pin bergambar dan balon berwarna-warni.

IMG_20140608_103123_0

Setelah perlombaan selesai acara dilanjutkan dengan bagi-bagi hadiah dari panitia. Sebelum mandapatkan hadiah peserta diharuskan menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan panitia. Pertanyaannya tidaklah sulit2 namun tetap bermanfaat bagi wawasan para orang tua dalam mengasuh ABK. Kebersamaan dengan mengikuti terapi bermain sungguh menyenangkan. Beralaskan terpal plastik, dibawah naungan pohon rindang di kebun raya bogor pagi itu anak-anak berkebutuhan khusus turut merasakan kegembiraan bersama orang tuanya.
IMG_20140608_105730_0

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *