Terima Kasih RCP Bogor

TERIMA KASIH RCP BOGOR

Pada tanggal 9 September 2018 komunitas RCP di Bogor mengadakan silaturahim dalam rangka lebih saling mengenal antar orang tua dari anak penyandang Cerebral Palsy. Pertemuan ini adalah yang kedua kali setelah sebelumnya sempat juga diadakan pertama kali walau dengan jumlah peserta yang terbatas. Pertemuan berlangsung di rumah Mb Milandari, orang tua dari seorang ACP bernama Farhan, yang berlokasi di sekitar Pasar Ciluer Bogor.
Komunitas RCP Bogor bermula dari grup Whatsapp yang dijadikan media untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman dalam mengasuh Anak dengan Cerebral Palsy. Komunikasi yang intens di WA mencetuskan ide untuk menjadikan kegiatan RCP Bogor menjadi lebih nyata. Salah satu kegiatan yang pertama kali dilakukan tentu saja bertatap muka langsung atau bahasa sekarang disebut kopdar. Acara dimulai dengan kajian rohani dari seorang Ustadz yang sengaja diundang oleh tuan rumah. Kajian rohani yang diadakan diharapkan bisa semakin menguatkan mental dan kesabaran para orang tua dalam mengasuh dan membesarkan anak Cerebral Palsy.
Acara dilanjutkan dengan perkenalan. Masing-masing orang tua diminta untuk memperkenalkan diri beserta ACP-nya. Dalam sesi ini juga para orang tua menceritakan ikhwal anak-anaknya di vonis menjadi penyandang Cerebral Palsy. Bagaimana proses kelahiran hingga bermacam terapi yang dilakukan untuk kesembuhan anak-anaknya. Tidak lupa mereka juga berbagi pengalaman tentang sekolah untuk mereka yang telah memasuki jenjang sekolah.
Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Yayasan Rumah Cerebral Palsy yang selama ini lebih banyak beraktifitas di Jakarta, maka kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk sosialisasi program-program dari Yayasan RCP. Kegiatan yang sudah berjalan di Yayasan RCP salah satunya adalah pelatihan untuk orang tua ACP. Didukung penuh oleh Keanna Center dibawah pimpinan Pak Ahmad Syakib, kegiatan ini bertujuan memberikan keterampilan kepada orang tua ACP dalam melakukan terapi di rumah. Mengingat peran orang tua yang mempunyai waktu interaksi paling banyak dengan ACP. Harapan selanjutnya tentu saja meningkatkan keberhasilan pencapaian terapi pada ACP.
Pelatihan untuk orang tua ACP selama ini hanya bisa dilaksanakan di Keanna Center yang berlokasi di Cilandak. Hal ini ternyata memberi banyak tantangan bagi orang tua ACP yang tinggal jauh dari Cilandak. Kenyataan ini membuat banyak orang tua yang meminta RCP untuk bisa mengadakan kegiatan serupa di tempat yang lebih mudah dijangkau. Anggota RCP yang tersebar di beberapa wilayah sekitar Jakarta membuat RCP mengadakan kegiatan serupa di beberapa wilayah. Kegiatan pelatihan untuk orang tua ACP di bogor rencananya akan dimulai secepatnya. Proses yang sedang dilakukan adalah mencari tenaga Fisioterapi untuk kegiatan tersebut. Semoga saja kegiatan yang hendak dilaksanakan berjalan dengan lancer dan tanpa hambatan.
Kepada komunitas RCP Bogor, kami ( Yayasan Rumah Cerebral Palsy) menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih atas peran serta dalam berbagai kegiatan RCP. Semoga segala usaha yang kita lakukan berdampak baik bagi ACP kita di masa mendatang.

This slideshow requires JavaScript.

Facebook Comments
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *